Minggu, 17 Januari 2010

Kisi Kisi UAS PTI Smstr 1 2009/2010

1. Data
2. BASIS DATA (Database)
3. Keuntungan Basis Data
4. Character
5. FIELD
6. RECORD
7. FILE
8. File transaksi
9. File Laporan (report file)
10. RDBMS (Relational Database Management System)
11. Komunikasi Data
12. Sebutkan 3 (tiga) elemen sistem
13. Bandwidth (lebar band)
14. Tipe transmisi satu arah (one way tarnsmision)
15. Tipe transmisi dua arah bergantian (two way transmission atau half duplex)
16. CONCENTRATOR
17. Jaringan komputer
18. Tujuan jaringan komputer
19. Wan
20. Topologi Star (Star Topology)
21. Topologi Ring (Ring Topology)
22. NIC : network interface card / kartu LAN
23. Lisensi
24. Trial Software
25. Lisensi open souce
26. Teknologi informasi
27. SISTEM
28. INFORMASI
29. SISTEM INFORMASI
30. TEKNOLOGI INFORMASI
31. Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS)
32. Fungsi Teknologi Informasi
33. Resiko keamanan komputer (computer security risk)
34. Cyberextortionist
35. Cyberterrorist
36. Firewall
37. Software Theft
38. Steganografi
39. Enkripsi
40. Sistem analis
41. Web desainer
42. System administrator
43. MIS Director
44. EDP Operator
45. Teknisi Komputer
46. Jaringan
47. Wireless
48. PROTOCOL
49. Pengertian Internet, sejarah dan perkembangannya
50. Cara untuk menghubungkan ke Internet
51. File Transfer protocol ( FTP
52. Telnet.
53. Download
54. Upload
55. Pengendalian data log.
56. Ruang lingkup AI
57. Expert System ( system ahli)
58. GENERAL PROBLEM SOLVING
59. Robot dan sejarahnya
60. Sistem abstrak
61. Sistem phisik
62. Human-machine system atau man-machine system.
63. Kualitas informasi

Jawaban
1. Data adl : representasi atau hasil rekaman atas kejadian, fakta, atau fenomena yangterjadi dalam dunia nyata.

2. BASIS DATA (Database) adl: Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya,

3. Keuntungan Basis Data : Data dapat di pakai secara bersama – sama, data dapat distandarisasikan

4. Character adl : Merupakan bagian data yang terkecil

5. FIELD adl : merupakan item dari data

6. RECORD adl : Kumpulan dari Field

7. FILE adl terdiri dari record – record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.

8. File transaksi adl : File ini digunakan untuk merekam data hasil dari suatu transaksi(catatan) yang terjadi.

9. File Laporan (report file) adl File ini dibuat untuk pembuatan suatu laporan.

10. RDBMS (Relational Database Management System) adl : merupakan satu paket perangkat lunak yang menyediakan berbagai layanan untuk perancangan, penggunaan, dan pemeliharaan basis data relasional

11. Komunikasi Data adl : mengkomunikasi data dari satu ke tempat yang lain

12. Sebutkan 3 (tiga) elemen system : yaitu sumber data (Source), media transmisi (transmission media) yang membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke elemen yang ketiga yaitu penerima (Receiver).

13. Bandwidth (lebar band) adl : menunjukan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps)atau characters per second (cps)

14. Tipe transmisi satu arah (one way tarnsmision) : merupakan transmisi yang hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja, tidak bisa dibolak balik.

15. Tipe transmisi dua arah bergantian (two way transmission atau half duplex) : Merupakan kanal transmisi dimana informasi data dapat mengalir dalam dua arah yang bergantian

16. CONCENTRATOR adl : menggabung beberapa signal data dari channel transmisi kapasitas rendah ke channel transmisi kapasitas tinggi.

17. Jaringan komputer adl : kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

18. Tujuan jaringan computer adl : membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi

19. Wan adl : Merupakan jaringan dari system komunikasi data yang masing-masing node berlokasi jauh (remote location) satu dengan yang lainnya.

20. Topologi Star (Star Topology) adl : Menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. Titik ini biasanya menggunakan Hub atau Switch

21. Topologi Ring (Ring Topology) adl: Menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. Secara fisik jaringan ini berbentuk ring (lingkaran).

22. NIC : network interface card / kartu LAN adl : Kartu Jaringan/ sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

23. Lisensi adl : lisensi perangkat lunak yang mengizinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan ulang perangkat lunak yang dimaksud.

24. Trial Software adl : waktu dimana suatu software yang sudah ditentukan masa kadaluwarsa pemakaiannya itu biasanya adalah demo suatu software.

25. Lisensi open souce adl : Open Source adalah suatu lisensi dari software yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk:
- Melihat kode sumber progam
- Merubah kode sumber program

26. Teknologi informasi adl : hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
lebih cepat
lebih luas sebarannya, dan
lebih lama penyimpanannya.


27. SISTEM adl : suatu kesatuan yang terdiri atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau komponen.

28. INFORMASI adl : pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi [1]. Namun demikian istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya,

29. SISTEM INFORMASI adl : aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.

31. Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) adl : suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.

32. Fungsi Teknologi Informasi :

33. Resiko keamanan komputer (computer security risk) : setiap peristiwa yang dapat mengakibatkan hilang atau rusaknya peranti keras, peranti lunak, data, informasi, atau kemampuan memproses komputer

34. Cyberextortionist adl : seseorang yang menggunakan email sebagai alat pemerasan.

35. Cyberterrorist adl : seseorang yang menggunakan internet atau jaringan untuk menghancurkan atau merusak komputer dengan alasan politis.

36. Firewall adl : sistem security dari hardware atau software yang mencegah jaringan atau aktivitas akses yang tidak terstruktur

37. Software Theft adl : merupakan pembajakan software.


38. Steganografi adl :menyembunyikan pesan tersembunyi dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.

39. Enkripsi adl : proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

40. Sistem analis adl : seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

41. Web desainer adl : orang yang mempunyai keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, melalui Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, pembaca RSS.

42. System administrator adl : memonitor konfigurasi keamanan, mengelola dan mengatur nama user dan password, memantau kapasitas memory penyimpanan serta perangkat-perangkat yang digunakan, melaksanakan proses backup, dan melakukan setting terhadap alat-alat serta software baru.

43. MIS Director adl mereka yang menjamin ketersediaan, kesinambungan, dan keamanan data dan layanan teknologi informasi dalam organisasi mereka.

44. EDP Operator adl merupakan tenaga (manusia) yang bertugas, mengontrol dan bertanggung jawab dalam aktivitas (kelangsungan) pengolahan data elektronis.

45. Teknisi Komputer ad : seseorang yang bertugas memperbaiki komputer dari software sampai hardware

46. Jaringan adl : sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan.

47. Wireless adl : teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data atau suara tanpa menggunakan media kabel.

48. PROTOCOL adl : Kumpulan dari beberapa aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara beberapa alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar.

49. Pengertian Internet, sejarah dan perkembangannya : gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan.

Sejarah Internet : Dimulai dari jaman persaingan antara Amerika dengan Soviet (USSR). Dimulai saat Soviet meluncurkan Sputnik, Amerika kemudian membuat Advanced Research Projects Agency (ARPA, yang kemudian dikenal dengan nama Defense Advanced Research Projects Agency , atau DARPA) di February 1958. ARPA kemudian membuat Information Processing Technology Office (IPTO) untuk menangani lebih jauh research Semi Automatic Ground Environment (SAGE) program. Dimana proyek ini bertujuan untuk menggabungkan system radar di seluruh Amerika untuk pertama kalinya. Ketua IPTO pada saat itu yaitu . J. C. R. Licklider mengatakan bahwa networking ini akan mengubah sejarah manusia.

Perkembangan internet : Licklider kemudian merekrut Lawrence Roberts untuk mengepalai project yang bertujuan untuk mengimplementasi sebuah network, Lawrence Roberts merekomendasikan packet switching (dibandingkan Circuit switching ) untuk membuat jaringan yang lebih tahan terhadap gangguan. Titik jaringan pertama yang berhasil dibuat dan berfungsi adalah di UCLA pada October 29 , 1969 yang kemudian disebut ARPANET , salah satu bunda/sesepuh jaringan dari Internet.

Dari sini sejarah berlanjut dimana, the British Post Office , Western Union International dan Tymnet berkolaborasi untuk membentuk jaringan international yang berbasis packet switched network, dikenal dengan nama International Packet Switched Service (IPSS), di 1978. Jaringan ini berkembang dari Europe, US hingga Canada , Hong Kong dan Australia pada 1981.

50. Cara untuk menghubungkan ke Internet : dengan Dial Up, ADSL, Handphone 

51. File Transfer protocol ( FTP ) adl : dalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

52. Telnet. Adl: sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network.

53. Download adl : proses menerima data (umumnya berbentuk berkas) dari sebuah sistem seperti server web, FTP server, server mail atau sistem serupa lainnya

54. Upload adl : proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, FTP server atau sistem serupa lainnya yang kemudian akan dipublikasikan di internet baik secara pribadi atau umum (dapat di nikmati oleh semua pengguna internet).

55. Pengendalian data log. Adl : Pengendalian keamanan yang menggunakan data log

56. Ruang lingkup AI : meliputi
Formal tasks (matematika, games)
· Mundane task (perception, robotics, natural language, common sense, reasoning)
· Expert tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering, scientific analysis, dll)

57. Expert System ( system ahli) adl : di sebut juga sistem pakar :program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an.

58. GENERAL PROBLEM SOLVING adl Bertujuan pada pemecahan kelas-kelas dari
masalah-masalah yang ditekankan dalam sebuah bahasa formal.

59. Robot dan sejarahnya : Kata robot pertama kali diperkenalakan oleh seorang penulis dari Czech yang bernama Karel pada tahun 1921. Kata Robot berasal dari kata ‘robota’ yang berarti: pekerja sendiri.

Sejarah robot bermula ketika sistem otomatis dibuat oleh Jacques de Vaucanson pada tahun 1938, yang membuat bebek mekanik yang dapat memakan dan mencincang biiji bijian, membuka dan menutup sayapnya. Kemudian tahun 1796, Hisashine Tanaga di Jepang berhasil membuat mainan mekanik yang dapat mnghidangkan the dan menulis huruf kanji. Lalu 1926, Nikola Tesla mendemintrasikan perahu bot yang dapat dikontrol dengan radio. Tahun 1928, Makoto Nishimura membuat robot pertama di Jepang.

Sejalan dengan perkembangan teknologi Elektronika, maka perkembangan robot ini melaju pesat, seprti tahun 1948, William Grey Walter membuat robot elektronik otomatis pertama dimana robot ini dapat merespon cahaya dan dapat melakukan kontak dengan objek dari luar. Pada tahun 1954, saat dimulainya zaman digital, sebuah robot digital yang dapat deprogram ditemukan oleh George Devol

60. Sistem abstrak adl : sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik.
61. Sistem phisik adl : sistem yang ada dan tampak secara fisik
62. Human-machine system atau man-machine system. Adl : software yang digunakan untuk memonitor dan mengontrol mesin atau proses di suatu pabrik.
63. Kualitas informasi : Kualitas yang di berikan oleh Pemberi Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar