Senin, 05 Oktober 2009

Sistem Informasi dan Jaringan Komputer

Kemajuan Teknologi Komunikasi sekarang mempunyai pengruh pada perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain dengan Alat komunikasi . Data perlu di kirim dari satu tempat ke tempat yang lain dengan beberapa alasan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Transaksi sering terjadi pada suatu tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan datanya atau tempat dimana data tersebut akan digunakan.
2. Lebih Efisien atau lebih murah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih-lebih data yang telah di organisasikan melalui komputer dibandingkan dengan cara pengiriman biasa.
3. Suatu Organisasi mempunyai beberapa tempat pengolahan data, data dari suatu tempat pengolahan yang sibuk depat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke tempat pengolahan lain yang kurang sibuk.

1. KOMUNIKASI DATA

Untuk mengkomunikasi data dari satu ke tempat yang lain, tiga elemen sistem harus tersedia, yaitu sumber data (Source), media transmisi (transmission media) yang membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke elemen yang ketiga yaitu penerima (Receiver). Bila salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan. Bila salah satu elemen tidak ada maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan.

2. TRANSMISI DATA

Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Untuk mengetahui tentang transmisi data lebih lengkap, maka perlu diketahui beberapa hal yang berhubungan dengan proses ini :

2.1 Media Transmisi
Beberapa media Transmisi dapat digunakan sebagai channel ( jalur) transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan yang dapat beruba kabel ataupun radiasi elektromagnetik.

2.1.a Kabel

Bila sumber data penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area yang lokal, maka dapat digunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel dapat berbentuk kabel tembaga biasa yang digunakan pada telepon, atau coaxial cable atau fiber optic cable.

Coaxial Cable

Coaxial cable merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lembek . Dan Cable ni mempunyai tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan kabel biasa tetapi lebih mahal.

Fiber Optic Cable

Fiber optic cable dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fiber) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Fiber Optic cable mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10 kali lebih besar dari coaxial cable.

2.1.b RADIASI

Bila sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh, channel komunikasi dapat berupa media transmisi radiasi elektromagnetik dipancarkan melalui media udara terbuka, yang dapat berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit ( satellite system) atau sistem laser ( laser system ).

Microwave

Microwave merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun yang lain. Sifat pemancaran dan Microwave adalah line-of-sight yaitu tidak terhalang. Karena adanya gedung-gedung yang tinggi, bukit-bukti atau gunung-gunung, microwave biasanya digunakan untuk jarak-jarak yang dekat saja.

Untuk Jarak yang jauh, harus digunakan stasiun relay yang berjarak 30 sampai 50 kilometer. Stasiun relay diperlukan kaerna untuk memperkuat signal yang diterima dari stasiun relay sebelumnya dan meneruskan ke stasiun relay berikutnya.

Satellite System

Karena microwave tidak boleh terhalang, maka untuk jarak-jarak yang jauh digunakan sistem satelit (satellite system). Satelite akan menerima signal dikirimkan dari stasiun microwave di bumi dan mengirimkannya kembali ke stasiun bumi yang lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknnya di luar angkasa.

Sistem Laser

Teknologi Komunikasi sinar laser banyak digunakan untuk penelitian-penelitian. Ahli komunikasi meramalkan dimasa yagn akan datang menggunakan teknologi laser akan meluas dan secara dramatis akan dapat mengurangi biaya transmisi.
Dan sekarang ternyata kenyataannya sistem laser ini banyak digunakan, seperti wireless.

Apa itu wireless ?
Media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (microwave), sistem satelit (satellite system), sinar infra merah/sistem laser (laser system)

Manfaat wireless!
1.Pembangunan infrastruktur jaringan komputer terpadu yang kondisi tidak memungkinkan untuk ditarik kabel
2.Tepat pada user yang mempunyai mobilitas tinggi
3.Tepat untuk pengguna temporer (tidak permanen)

Teknologi Wireless LAN menjadi sangat popular saat ini di banyak applikasi. Setelah evaluasi terhadap teknologi tersebut dilakukan, menjadikan para pengguna merasa puas dan meyakini realiability teknologi ini dan siap untuk digunakan dalam skala luas dan komplek pada jaringan tanpa kabel.

Referensi
1. Buku Pengenalan Komputer karangan Jogiyanto Hartono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar